4 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas

4 Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Cepat Panas, GugelRoom - Ketika mengoperasikan laptop biasanya kita akan merasakan suhu yang cukup panas pada bagian alas laptop ataupun pada bagian keluar suhu dari laptop tersebut. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa alasan tertentu yang membuat laptop cepat panas.

Panasnya laptop dapat menyebabkan lambannya kinerja atau speed bahkan kualitas penggunaan dapat menurun drastis, tidak itu saja ... bahkan ketika laptop panas jika kita sedang melalukan operasi yang cukup berat akan mengakibatkan beberapa aktifitas terhenti atau akan muncul pesan not responding.
laptop panas, laptop cepat panas, atasi laptop panas, penyebab laptop panas

Laptop akan lebih baik jika digunakan dengan cara yang benar dan tidak berlebihan sehingga akan menurunkan resiko seperti panas yang terlalu cepat atau tidak normal pada laptop.

Berikut adalah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan laptop panas secara berlebihan.

1. Kinerja CPU sudah overclock / mencapai batas.

Pernah merasakan laptop anda terasa panas saat di pakai terlalu lama ? hal ini biasanya akan terjadi karena CPU bekerja terlalu lama bahkan terlalu di paksakan untuk membuka aplikasi yang terlalu berat dan membuat CPU tidak mampu menjalankannya secara sempurna, jika hal ini terus di paksakan malah akan mengakibatkan laptop anda cepat panas karena kemampuan fan juga akan tidak mampu meredam CPU yang sudah overclock.

Hal ini dapat anda atasi dengan cara menutup beberapa aplikasi yang memberatkan kinerja CPU pada laptop anda.

2. Fan pada laptop tidak optimal

Fan adalah faktor pendukung utama yang dapat mendinginkan suhu pada laptop, dengan adanya fan maka akan membuat suhu yang ada pada laptop anda semakin terkontrol dan lebih stabil. Namun jika fan yang terdapat di laptop anda kurang bekerja dengan baik, hal ini malah akan membuat suhu pada laptop akan mudah panas, apalagi jika laptop sedang menjalankan banyak aplikasi yang memakan kinerja laptop.

Jika fan pada laptop anda kurang bekerja maksimal untuk mendinginkan suhu, cobalah gunakan fan eksternal atau fan tambahan untuk membantu mendinginkan suhu laptop pada saat digunakan.

3. Meletakan Laptop yang sedang beroperasi pada tempat yang empuk

Yapp ... alasan satu ini dirasa cukup membingungkan, tapi silahkan anda cobakan sendiri. Biasanya laptop akan cepat panas apabila diletakan dan langsung bersentuhan pada tempat yang empuk. Entah itu atas faktor apa, namun memang yang terjadi adalah hal demikian. Hal ini seperti meletakan laptop diatas bantal, kasur, ataupun tempat empuk lainnya.

Berbeda halnya jika anda meletakan laptop pada tempat yang keras seperti diatas kayu, ubin, lantai, atau semacamnya. Hal itu tidak akan menimbulkan efek panas berlebih seperti diletakan diatas permukaan yang empuk.

Hal ini dapat anda atasi dengan cara meletakan laptop di permukaan yang keras dan akan lebih baik jika di atas ubin atau permukaan yang cukup dingin / bersuhu stabil.

4. Virus

Virus juga dapat menjadi alasan kenapa laptop anda cepat panas, bahkan hal ini juga dapat mempengaruhi sistem dari laptop anda sehingga akan membuat pekerjaan yang dilakukan CPU menjadi lebih berat dan memakan memori yang berlebihan sehingga suhu yang dihasilkan akan lebih cepat meningkat dan panas berlebihanpun terjadi.

Gunakan antivirus terbaik untuk pc anda agar terhindar dari hal ini.

Untuk dapat mengatasi laptop anda yang memiliki suhu berlebihan dan mudah panas, ada baiknya jika menggunakan fan eksternal untuk menormalkan suhu pada laptop sehingga penggunaan laptop akan lebih stabil dan andapun tidak terganggu dengan suhu yang begitu panas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Anda bisa memberi donasi dengan cara klik iklan :) itu sangat membantu
!