Kelebihan dan Kekurangan Top Level Domain di Blog

Kelebihan dan Kekurangan Top Level Domain di Blog

Kelebihan dan Kekurangan Top Level Domain di Blog, GugelRoom - Sebagai konten kreator yang menggunakan platform dari blogger untuk membuat tulisan dan mem-publishnya keinternet, biasanya blogger akan lebih memperhatikan alamat dari situs yang mereka miliki. Alamat situs tersebut berupa url / domain situs blog yang berguna untuk mempermudah pengunjung untuk langsung mengakses situs blog tanpa harus mencari di mesin pencari.

Kelebihan dan Kekurangan Top Level Domain di Blog

Sebagai pengguna platform blogger, pada saat awal pembuatan blog biasanya akan diberikan url blog secara gratis namun berupa subdomain dari blogspot. Jika anda adalah blogger yang ingin tampil lebih professsional, tentu pemilihan menggunakan subdomain ini tidak akan anda prioritaskan sebagai alamat situs melainkan anda akan memilih menggunakan top level domain (TLD) sendiri.

Lalu apasih bedanya menggunakan Top Level Domain dengan menggunakan subdomain blogspot yang jelas-jelas gratis ?

Kelebihan dan Kekurangan Top Level Domain untuk Blog

Kelebihan Top Level Domain

  1. Blog yang menggunakan top level domain (TLD) akan lebih terlihat profesional dan disukai pengunjung. Jika melihat hasil di mesin pencari, akan tampak hasil yang menunjukan bahwa situs dengan top level domain sangat mendominasi hasil penelusuran tersebut yang membuktikan bahwa situs dengan TLD akan lebih disukai pengguna atau bahkan mesin pencari.
  2. Lebih mudah diakses dan diingat oleh pengunjung setia anda. Biasanya penggunaan top level domain di situs akan menunjukan langsung nama dari situs tersebut, dan biasanya pengunjung yang sudah berlangganan dan menyukai artikel di situs blog anda akan lebih mudah untuk mengakses dengan cara langsung mengetikan domain untuk langsung menuju ke situs blog.
  3. Jika daftar AdSense, akan memberikan akun Non-hosted. Akun non-hosted adsense ini sangatlah berbeda dengan akun hosted, karena kelebihan yang diberikan akan lebih baik dan andapun dapat mengelola lebih banyak situs untuk menayangkan iklan dengan menggunakan satu akun adsense saja.

Kekurangan Top Level Domain

  1. Jika dibandingkan dengan subdomain gratis dari blogspot, tentu kekurangan dari top level domain adalah mode berbayarnya, karena setiap tahun anda diharuskan untuk membayar perpanjangan dari domain tersebut agar terus dapat diakses pengunjung dan blog anda dapat tetap hidup.
  2. Harus melakukan beberapa penyetelan agar dapat digunakan dan terhubung dengan blog. Berbeda dengan subdomain bawaan blogger yang bisa langsung diakses, Top level domain yang dipasang pada blog yang di hosting langsung oleh blogger tentu harus dilakukan beberapa penyetelan baik itu berupa dns ataupun penambahan domain langsung di blogger. Tapi saya rasa hal ini tidaklah begitu merepotkan.
Nahh .., itulah kira-kira beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan top level domain di blog jika dibandingkan menggunakan subdomain blogspot yang dapat saya jelaskan. Namun tentu saja akan lebih banyak pengguna mengecualikan kekurangan top level domain diatas karena kelebihannya yang dirasa benar-benar dapat bermanfaat untuk meningkatkan situs dan lebih terlihat profesional di mata pengunjung.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!