10 Bahasa Yang Paling Banyak di Pakai di Dunia

10 Bahasa Yang Paling Banyak di Pakai di Dunia

10 Bahasa Yang Paling Banyak di Pakai di Dunia, GugelRoom - Halo .. pada kesempatan kali ini kita akan membahas 10 bahasa yang paling banyak ditutur berdasarkan total jumlah penuturnya. Satu orang bisa jadi bilingual, atau menggunakan dua bahasa dalam berinteraksi sosial. Bahkan ada juga orang yang fasih menggunakan tujuh bahasa asing yang berbeda!

Beberapa bahasa juga tidak selalu satu tempat satu bahasa. Karena banyak juga bahasa yang berperan sebagai lingua franca atau bahasa pengantar yang menyambung dua orang yang bertutur bahasa ibu yang berbeda atau bahasa pemersatu bangsa. Bahasa Inggris contohnya, sebagai bahasa internasional dan bahasa kita sendiri, Bahasa Indonesia yang menjembatani komunikasi kita dengan teman-teman dari etnis suku lain yang memiliki bahasa yang berbeda dengan kita.


Jika dibandingkan dengan urutan yang sebelumnya, maka urutan yang ini akan sedikit berbeda. Mari kita simak 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia berdasarkan total jumlah penuturnya menurut tayangan di LangFocus!

1. Bahasa Inggris

Yay! Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris sangat umum digunakan masyarakat di dunia, apalagi untuk kepentingan bisnis dan kunjungan pemerintahan antar negara. Bahasa Inggris juga dipelajari hampir di seluruh dunia sebagai bahasa kedua (L2) atau sebagai bahasa asing. Total jumlah penuturnya adalah 1,4 sampai 1,5 milyar jiwa! Bahasa Inggris adalah de-facto lingua franca (bahasa internasional).

2. Bahasa Mandarin

Bila para siswa yang sedang belajar bahasa Mandarin dimasukkan ke dalam keseluruhan jumlah penuturnya, maka totalnya adalah 1,5 hingga 1,15 milyar penutur. Jumlah yang bersaingan dengan penutur bahasa Inggris. Saat ini ada 190 juta penutur bahasa Mandarin yang menggunakannya sebagai bahasa kedua (L2). Sekali lagi, bahasa Mandarin adalah bahasa yang paling banyak digunakan daripada bahasa orang Cina lainnya.

3. Bahasa Spanyol

Total pengguna bahasa Spanyol adalah sekitar 500 hingga 570 juta jiwa, sudah termasuk lebih dari 90 juta orang yang menggunakan bahasa Spanyol sebagai bahasa kedua (L2). Bahasa Spanyol juga sekarang sudah banyak dipelajari sebagai bahasa asing di negara-negara yang bukan berbahasa resmi Spanyol.

4. Bahasa Hindustani

Bahasa Hindustani adalah bahasa Hindi dan Urdu. Walaupun secara writing system-nya tampak berbeda, tetapi dalam pengucapan atau obrolan bahasa Hindi dan Urdu adalah satu bahasa. Total pengguna bahasa ini mencapai 540 juta jiwa termasuk yang menggunakannya sebagai bahasa kedua (L2). Bahasa Hindi-Urdu ini berfungsi sebagai lingua franca.

5. Bahasa Arab

Total penutur bahasa Arab mencapai 422 juta jiwa, sudah termasuk 130 juta orang yang menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa kedua (L2) karena banyak orang yang bukan beretnis Arab yang tinggal di negara yang bahasa resminya Arab.

6. Bahasa Rusia

Bahasa Rusia digunakan dengan total jumlah 260 juta penutur. Jika dibandingkan dengan daftar 10 bahasa sebelumnya, bahasa Rusia yang ada di peringkat 8 naik ke peringkat 6. Hal ini dikarenakan bahasa Rusia merupakan lingua franca yang menjembatani komunikasi antara negara-negara bekas Uni Soviet.

7. Bahasa Portugis

Total penutur bahasa Portugis adalah sekitar 250 hingga 260 juta jiwa, termasuk 32 juta diantaranya yang menggunakan bahasa Portugis sebagai bahasa kedua (L2) di negara-negara bekas jajahan Portugis seperti di Angola dan Mozambique di benua Afrika.

8. Bahasa Melayu (Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia)

Bahasa Indonesia dan Bahasa Malaysia pada dasarnya masih satu rumpun yang hanya berbeda variasi dari bahasa Melayu. Bahasa Melayu memiliki native speaker sekitar 77 juta jiwa, ditambah dengan 173 juta orang yang menggunakannya sebagai bahasa kedua (L2), membuat bahasa ini memiliki total penutur 250 juta jiwa. Bahasa Melayu, dalam hal ini Bahasa Indonesia, banyak dipelajari sebagai bahasa kedua (L2) di negeri kita. Lho? Kenapa bahasa kedua? Karena bahasa di Indonesia itu banyak sekali dan umumnya penduduk Indonesia menerima bahasa daerah sebagai bahasa ibu atau L1-nya. Bahasa Melayu merupakan bahasa resmi (Bahasa Indonesia di Indonesia dan Bahasa Malaysia di Malaysia) dan berfungsi sebagai lingua franca.

9. Bahasa Bengali

Total jumlah penutur bahasa Bengali adalah 226 juta jiwa.

10. Bahasa Perancis

Total jumlah penutur bahasa Perancis lebih dari 220 juta jiwa, termasuk 80 juta pengguna L1 dan 140 juta jiwa yang menggunakan bahasa Perancis sebagai L2. Selain itu, bahasa Perancis juga digunakan di 31 negara di benua Afrika.

Ternyata urutannya bisa berbeda, ya? Jadi, bahasa apa yang paling pentin untuk dipelajari? Jawabannya tergantung dengan keperluan kita di masa depan. Akan tetapi, ada baiknya ikut mempelajari bahasa-bahasa yang ada dalam list ini, setidaknya Bahasa Inggris karena bahasa ini adalah bahasa internasional. Walaupun kita tertarik dengan bahasa asing, alangkah baiknya jika kita tetap  melestarikan bahasa daerah kita juga, dan tetap menggunakan bahasa persatuan kita. Terima kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!